Minggu, 04 Agustus 2013

Makna "Balas Dendam" Dalam Lelucon

"Jika ada orang melemparmu dengan batu,
jangan balas dengan batu, balas dengan bunga,
tapi pastikan kau melempar bunga itu beserta potnya."

Lucu ya kata - kata di atas ? Tapi tahu tidak apa maksud di dalamnya dari lelucon di atas ? 

Sekilas memang lucu, tapi tahu nggak kalau lelucon itu mengandung makna "Balas Dendam" ?. Coba kita petik arti dari masing - masing baitnya.
Jika ada orang melemparmu dengan batu.
Bait di atas memiliki arti, bahwa ada seseorang entah dia orang dekat atau orang jauh, sedang melakukan perbuatan yang sangat mengganggu sekali terhadapmu dan kau mengenal atau tahu orang itu. Kata "Batu" di sini bisa diartikan suatu gangguan yang bisa dibilang gangguan sepele namun mengganggu sekali.

Jangan balas dengan batu, balas dengan bunga.
Dari bait di atas sudah jelas mengatakan kalau kita harus membalas perbuatan orang tersebut. Namun tidak dengan perbuatan yang sama, tapi lebih halus yang diartikan dari kata "Bunga" tapi meski begitu tetaplah balas dendam.

Tapi pastikan kau melempar bunga beserta potnya.
Ini makna sesungguhnya, meski membalas secara halus, tapi balasan tersebut akan membuat orang itu lebih menderita dan lebih tersakiti. Karena makna "Bunga beserta potnya" adalah perbuatan membalas secara halus yang mengakibatkan penderitaan yang begitu pedih nantinya.

Jadi, bagaimanapun bentuknya, yang namanya membalas perbuatan buruk dengan perbuatan buruk tetaplah disebut balas dendam. Oleh karena itu jangan sekali - kali melakukan balas dendam. Ingat dosa. Meski cuma lelucon, tapi ada makna tersembunyi dalam sebuah lelucon lho..... ^_^

0 komentar:

Posting Komentar