Rabu, 07 Agustus 2013

Apa Petasan Itu Manfaat ?

Petasan....
Mainan peledak yang bikin galau.
Ledakan yang bikin senang,
Atau ledakan yang bikin susah ?

Hmm...

Petasan. Benda silinder berisi bubuk mesiu yang ada sumbunya dan akan meledak jika disulut. DUAARRR!!!. Mirip Bom ya ?? Tau Bom kan ? Benda yang dapat menghancurkan segalanya dengan ledakannya. Wow !!

Sekarang ramai yang namanya petasan. Apalagi saat bulan Ramadhan dan mendekati Lebaran, serta Tahun Baru. Pasti suara petasan ada dimana - mana. Dan bentuk keragamannya pun banyak. Mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar. Sebenarnya manfaat nggak sih petasan itu? kalau dilihat secara fakta, menurut pengamatanku, nggak ada manfaatnya petasan itu.
Coba kita lihat. Pertama dari harga. Harga petasan bervariasi. Dari yang 1000 rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Jika kita beli petasan yang ratusan ribu. Mungkin hanya bisa meledak 10 sampai 20 kali untuk 1 petasan. Dan uang ratusan ribu kita meledak hilang lenyap begitu saja. Kalau dibuat sedekah pasti lebih bermanfaat.

Kedua dari outputnya, yaitu ledakan. Mungkin hanya menimbulkan bunyi sekejap yang tidak terlalu berguna. Tapi jika bunyinya terlalu keras akan mengganggu tetangga dan apabila ledakannya terkena manusia akan menyebabkan luka bakar yang cukup serius.

Ketiga adalah efeknya. Mungkin petasan kecil tak begitu berbahaya bagi kalangan pengguna petasan. Tapi jika petasan itu berada pada jumlah yang besar, ledakan yang ditimbulkannya akan setara dengan bom dan dapat meledakkan apapun.

Mungkin memang bagi kebanyakan orang menganggap bahwa petasan harus ada di setiap perayaan. Tapi, Ingat juga akan bahaya yang ditimbulkan dan manfaat yang didapat. Dan menurutku, tak ada manfaat dari sebuah petasan

Sedikit ledakan mungkin menyenangkan.
Namun yang "kau dapat" juga hanyalah "ledakan".
^_^

0 komentar:

Posting Komentar