Selasa, 31 Desember 2013

Penghujung Tahun 2013

Setahun sudah roda ini melaju menyusuri waktu. Sejak start di Januari, hingga finish di Desember. Kini, roda itu telah menanjak di tanggal 31 Desember 2013. Tanggal yang menyatakan bahwa peringatan akan ditutupnya pintu tahun 2013. Saat ini, banyak berbondong - bondong orang meluber di jalanan. Para orang tua menggandeng anak - anaknya di perayaan. Menyambut tutup tahun dan Tahun Baru. Tak lepas, Mahasiswa & Mahasiswi, pemuda pemudi, Laki Perempuan yang beramai ria turut membanjiri acara tersebut.

Namun kawan, apakah kau ingat ? Apa yang telah aku, kamu, dia, kita, mereka lakukan selama setahun ini ?

Banyak renungan yang perlu kita renungkan. Apakah kita sudah memenuhi kewajiban-Nya selama setahun ini ? Apakah kita sudah sempat membanggakan orang tua kita selama setahun ini ? Apakah semua target yang kita kejar setahun ini sudah terpenuhi ? Atau apakah kita sudah menjadi pribadi yang baik selama setahun ini ? Entahlah kawan. Banyak hal yang bisa kita renungkan di penghujung tahun ini untuk esok yang lebih baik. Untuk langkah yang lebih mantap. Untuk tahun yang lebih cerah dan gemerlap.

Kalau bertanya padaku, "Kau sendiri bagaimana ?"
Maka kujawab, "Ya, aku masih banyak kekurangan."
Dan kalau bertanya padaku, "Apa kau tak ingin menyambut perayaan Malam Tahun Baru ?"
Maka kujawab, "Ya, namun bagiku Tahun Baru hanya istilah. Tak lebih dan tak kurang seperti hari biasanya, hari yang biasa kujalani, oleh karena itu tak perlu berlebih bagiku untuk menyambutnya."
Dan kalau lagi kau bertanya, "Bukankah menyenangkan diri sejenak itu perlu ?"
Maka kujawab, "Ya, itu memang perlu dan beginilah caraku."

Di penghujung tahun ini, mari kita merenung sejenak sebelum semua terlambat. Menghibur diri boleh, namun hiburlah dirimu dengan yang bermanfaat. Bukannya melarang untuk tidak boleh bermain terompet, kembang api dan semacamnya. Namun petiklah hal positif di setiap tindakanmu di akhir tahun ini. Agar supaya esok di tahun 2014 kita bisa menjadi pribadi yang baik, dan insan yang lebih baik lagi untuk menjadi pemimpin di Ibu Pertiwi ini.

Penghujung Tahun, 31 Desember 2013

0 komentar:

Posting Komentar